Perang Harga Tarif Operator Seluler (menjengkelkan)

9 04 2008

Perang harga operator seluler kini semakin marak, mereka nurunin harga habis-habisan agar bisa menarik banyak konsumen. Tapi sayangnya dengan harga yang murah itu, fasilitasnya masih tetap, jadi ini menjadikan masalah bagi si pelanggan. Keuntungan si pelanggan , meraka dapat harga murah. Namun kekurangannya, jaringan jadi sibuk. Hal ini ga cuma untuk jaringan yang memuat data SMS/ Telp, GPRS pun kena imbasnya.

Pelanggan semakin banyak namun bandwidthnya masih tetap, alias ngga ngga diupgrade. Coba bayangkan air yang keluar dari botol dengan air yang keluar dari ember… Air yang keluar dari botol, akan mengeluarkan air sedikit demi sedikit, karena ujung botol yang menyempit. Hal ini biasanya di sebut Bottle Neck. lain halnya dengan air yang keluar dari ember. Mereka bebas keluar tanpa ada hambatan.

Jadi kita bisa bayangkan apabila ketika banyak orang yang memakai jaringan dalam satu waktu. Apa yang akan terjadi? Jaringan Crowdead, telpon sibuk, SMS nyasar atau ilang bahkan nggak ada laporan, GPRS lola (loading lambat).

Pernah suatu ketika aku telp salah satu operator seluler dan menanyakan perihal tersebut. Jawabannya ternyata tidak memuaskan, mereka hanya bialng agara pengaturan jaringan di HP kita di set manual. Terus kita restart HP tersebut. Malah g da bedanya sama sekali.

Atau ketika sedang Hari Raya Idul Fitri/ Malam Tahun Baru, pernah merasakan SMS ga kekirim? Nah seperti itulah kejadinnya seperti sekarang. Mau pindah operator seluler, ternyata sama aja. Alternatif lain, aku coba pake CDMA. Lumayan ga sibuk.

Ada rahasia lain juga ketika salah satu BTS di kecamatan sibuk, maka ketika BTS itu sibuk, ternyata di switch ke BTS kecamatan lain. Sehingga BTS yang sibuk itu di non-aktifkan sementara. Sehingga ketika kita jeli melihat layar HP, kita akan menemukan nama BTS daerah lain d HP kita.

Operator Seluler memang cuma berani nurunin harga, bukannya malah fasilitasnya yang diperbaiki. Menurutku sih OK aja harga tetap tapi fasilitasnya bagus, ga kaya sekarang, harga murah fasilitasnya buruk. Seandainya saja bandwidthnya juga dinaikin, kejadiannya mungkin g akan seperti ini.

Sampai kapan  hal ini akan terus terjadi???


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: