Virus boot.exe? Siapa takut….

22 04 2008

Pernah sebel sama yang namanya virus yang namanya w32.Alman (AVG menyebutnya begitu) ? Pas kita klik kanan drive UFD kita tulisan opennya jadi tulisan yang aneh dan kadanag ada varian Alman yang nge-hidden semua file d UFD dengan metode super hidden.

Meskipun kita udah aktifin show hidden files, tetep aja g akan keliatan. Apalagi kita maksa instal / update antivirus kita di saat kompi kita juga lagi kena virus.

Virus ini memang sangat merepotkan. Bagaimana tidak? hampir semua file yang berekstensi .exe keinfeksi sama dia. Kalau kita cuma format harddisk sih ok. Terus kita instal anti virus baru yang update. Malah kebanyakan ketika anti virus tersebut scan file kita yang udah terinfeksi virus, mereka menganggap file kita tersebut sebagai virus. Jadi nanti file kita jadi ke hapus apa d karantina. Tentu hal itu yang ngga kita inginkan. Apalagi kalau itu seumpama tugas TA/ Skripsi kita. Mati deh.

Kemarin aku dikasih tau teman, kalau ada anti virus yang lumayan ok dalam mebasmi si Alman itu. Dia bisa diinstal pada saat kompi kita dah terjangkit tuh virus. Namanya NOD32. Trial 30 hari sih, tapi lumayan kok. Download aja di sini. Bandingkan dengan kinerja antivirus lain. Si NOD32 ini tidak menghapus file yang terinfeksi tersebut. Dia cuma menghapus sebagian string yang telah disusupkan pada file kita oleh si Alman tersebut. Sehingga ketika kita scan dengan anti virus lain, file kita sudah bukan dianggap virus lagi.

Namun antivirus ini masih ada kekurangannya. Yaitu apabila kita install web server di kompi kita (lokal) SMTPnya masih belum bisa digunakan. Alias ketutup. Mungkin maksudnya si Alman itu adalah biar kompi kita g menghubungi perusahaan anti virus yang telah kita install, sehingga kita tidak akan mendapat support online. Tapi ga da salahnya buat dicoba.


Aksi

Information

12 responses

26 04 2008
indra

hueheheheheheee….
asoy geboy deh tuh antivirus….

19 05 2008
Wajib

semoga belum basi…

untuk virus alman (boot.exe dan autorun.inf) gw coba begini:
1. lepas hardisk yang terinfeksi
2. pasang ke komputer lain sbg secondary drive (pastikan kompi yg dipake sudah ada antivirusnya (gw pake avg free 8) dan terpasang deepfreeze)
3. scan hardisk yang terinfeksi
4. avg free 8 bisa mengenali virusnya dan menghapusnya
5. buat file kosong (bisa dengan notepad) kasih nama autoexec.bat dan disimpan di direktori c:\ hardisk terinfeksi (atau dimana windows hardisk terinfeksi berada) <== untuk menimpa autoexec.bat buatan virus
6. insya allah hardisk sudah normal lagi….

semoga bermanfaat

22 05 2008
aditya20

Terima kasih untuk sarannya. Tapi sekarang DeepFreeze sudah tidak dapat diandalkan lagi. Ada virus yang merusak registrynya si DeepFreeze. Uhuhk. Untuk menghilangkan virus tersebut memang mudah, namun untuk memulihkan file yang kena virus tersebut, masih belum bisa. AVG hanya dapat ,mengenali bahwa itu virus. Malahan langsung delete atau quarantine.

SMTP di server lokal saya belum bisa pulih. Jika diformat, repot untuk mengaturnya kembali.

15 09 2008
Andra

mas komputerku kena virus supeeeeeerrrrrrrrrrrr hiidddddden trus program folder lockku ga jalan virus apakah ya?????????

16 09 2008
aditya20

Terima kasih ya sudah kirim komentar di blogku.. Untuk komputer Anda yang terkena virus, sebaiknya slave harddisk Andadke komputer lain iang bersih dari virus plus terinstal antivirus dengan updatean terbaru (saranku sih AVG).

Kemudian scan komputer Anda, ingat, biasanya file yang kena virus itu akan terhapus. Dan bisa saja file itu file penting di Windows. Untuk itu, backup data ANda, kemudian format harddisk ANda jika diperlukan.

Moga aja bisa membantu.

11 04 2009
Akhyar Maulana

thanks ya buat kakak2 yang ngasi informasi tentang virus ini…
coz kmptr q di ubrak-abrik ama ni virus….
so karank dia udah gugur!!!!
hehehe…
X lagi thanks yaw!

12 04 2009
aditya20

sama-sama. Tapi lebih baik mencegah dari pada mengobatišŸ™‚

5 12 2009
bang_dewa

buang aja hard disknya, 100% aman

10 12 2009
aditya20

@bang_dewa: itu bukan solusi tepatšŸ™‚

21 12 2009
ManiaX

Gimana ini bang..
komku dah kuscan pake ni nod32 tapi bukannya diclean malah didelete semua geto
ya rusak dah windows ku explorer aja ga keluar

25 12 2009
aditya20

@Maniax: berarti memang file .exe di dalam sistemmu sudah terinfeksi, rata2 Antivirus selalu menghapus file bukan melakukan clean. Jadi kalaupun sudah clean, g 100% sistem berjalan dengan lancar. Jadi harus diinstal ulang, saran saya, lebih baik mencegah drpd mengobatišŸ™‚. Semoga sukses

13 12 2010
angga

coba pake antivirus drweb deh.. dijamin mantap jaya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: