Perbedaan Web dan Blog

21 06 2008

Hal ini sempet menjadi perbincangan antara saya dengan orang yang saya ajari web. Dia bertanya, “Apa sih bedanya web dengan blog? Toh sama-sama tulisan yang dikirim di internet.” . Sepengetahuan saya yang membedakan antara web dan blog itu adalah fungsinya. Biasanya blog itu berfungsi sebagai media penulisan tulisan-tulisan kita. Sedangkan web itu sendiri banyak sekali fungsinya.

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Bahkan perbedaan ini sempat juga dibahas di tikabangetdotcom . Situsnya jelas-jelas berbentuk blog namun di mengklaim bahwa itu bukan blog. Karena tidak menggunakan nama domain seperti blogspot (yang ada kata-kata blognya). Padahal jika kita lihat, dia menggunakan wordpress juga, namun dia hanya mengganti ganti tema dan punya domain dan hosting sendiri.

Menurut teman-teman sendiri, apakah bedanya blog dengan web?


Aksi

Information

2 responses

4 02 2011
oReo

makasi mass infonya..
masih blom paham mass..!!!

21 07 2011
saidhaikal

Menurut saya secara umum perbedaan blog dengan web, kalau blog design rancangan sudah ada tinggal kita memasukan isinya saja, dimana segala fiturnya sudah disiapkan tanpa kita tak payah-payah merancang dan tanpa harus jauh mengetahuinya tentang design tersebut. Hal ini sudah dipersiapkan oleh pembuat aplikasi blog tersebut seperti, blogspot, wordpress dll. Kalau web kita harus merancang sendiri dan mengetahui dalam, tentang rancangan/ aplikasi web tersebut, seperti ; macromedia , frontpage dll.

atau kalau blog kita tinggal login keaplikasi dan terus bangun langsung online dan gratis tanpa batas waktu, tapi kalau web kita harus berlanggan di hosting dan beli domain dan punya limit onlinenya, ya gitu menurut saya !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: