Tips memilih web hosting

24 10 2008

Hosting merupakan hal yang tidak asing lagi apabila kita berhubungan dengan dunia web. Hosting sendiri merupakan sebagai media penyimpanan file-file kita agar nantinya dapat diakses di internet. Namun hosting tidak dapat berdiri sendiri, karena masih memerlukan domain.

Di dunia maya banyak sekali yang menawarkan hosting. Baik itu yang berbayar sampai yang gratis. Namun sebelum kita memilih untuk menggunakan hosting tersebut, ada baiknya simak terlebih dahulu tips berikut ini.

  1. Pastikan memilih paket-paket hosting yang sesuai kebutuhan. Perhatikan juga fasilitas, “space”, dan bandwidthnya.
  2. Perhatikan juga lokasi servernya. Bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan. Maksudnya adalah dominan pengakses situs kita. Apakah memang dikhususkan untuk orang dalam negeri atau untuk semua negara. Apabila dominan pengakses dari dalam negeri, sebaiknya pilihlah server dari dalam negeri. Namun jika untuk semua kalangan baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri, sebaiknya pilihlah server yang ada di luar negeri.
  3. Pastikan kita mengetahui informasi mengenai servernya. Baik itu hardware sampai software, “server uptime”-nya Bahkan alamat kantor penyedia hostingnya.
  4. Apabila Anda memerlukan hosting yang “support” PHP / ASP/ JSP, Anda harus mengetahuinya terlebih dahulu service tersebut. Perhatikan juga versinya. Apabila menggunakan versi terbaru, maka itu akan menjadi lebih baik.
  5. Perhatikan juga mengenai fasilitas supportnya. Apakah segala permasalahan dapat dipecahkan dengan cepat. Tanyakan juga mengenai “backup”-nya.
  6. Apakah server tersebut memiliki fireewall, spam filter, dan lain-lain.
  7. Kita jangan mudah tertipu dengan harga yang ditawarkan. Jangan sampai ketika kita menyewanya, malah fasilitasnya mengecewakan. Untuk lebih jelasnya, bisa ditelusuri perusahaan tersebut. Apakah mempunyai masalah atau tidak. Kita dapat menelusurinya menggunakan mesin pencari.
  8. Apabila kita menggunakan hosting yang gratis, biasanya memiliki banyak peraturan yang ketat. Bahkan ada beberapa fungsi yang sengaja di-“disable”.

Mungkin masih banyak lagi tips yang belum tertulis di atas. Tips ini berdasarkan pengalaman saya yang sudah bekerja pada perusahaan hosting selama lebih dari satu tahun. Apabila ada yang ingin menambahkan, silahkan. Dengan senang hati.


Aksi

Information

2 responses

6 11 2008
yoga

Wah.. semua point dari tips diatas sangat tepat sekali…
Boleh donk…rekomended web hosting sahabat saya ?!!!
Saya berniat baik ingin berbagi informasi, saya harap jangan dianggap spam ya..!!
Ini hanya comment saja sekaligus berbagi informasi.
Terima kasih.

13 11 2008
aditya20

@yoga:

Untuk “recomended” sih, saya tidak bisa menyebutkan secara langsung, namun silahkan coba buka:

https://aditya20.wordpress.com/2008/10/27/perusahaan-web-hosting-terbesar-di-indonesia/

Mungkin Anda akan bisa memutuskannya.🙂. Semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: